Beberapa kabar berita menyedihkan mengenai anak yang luka bahkan juga meninggal pada tangan pengasuh sendiri cukup membuat beberapa ibu nyeri, khususnya beberapa ibu bekerja yang harus terpaksa memercayakan anaknya pada suster atau mbak di dalam rumah. Banyak cerita bayi atau balita kecil alami luka yang cukup kronis karena kelengahan si pengasuh. Ya walau tidak seluruh cerita anak dipercayakan itu membuat prihatin atau nyeri ya, ada pula kok yang abadi dan baik saja.

Hidup di zaman milenial sekarang benar-benar makin melawan untuk beberapa ibu, ditambah dengan makin tingginya kebutuhan hidup dan sosial supaya ibu mempunyai pekerjaan. Jumlahnya tanggungjawab yang perlu diemban membuat bimbang banyak ibu, untuk selalu bertahan tanpa ada nanny dan ART atau cari bala kontribusi tambahan. Apa saja opsinya, seluruh bergantung keadaan semasing. Sekelumit curhatan banyak ibu di beberapa sosial media ini sudah Hipwee kumpulkan jadi 10 senang duka beberapa ibu, entahlah bekerja atau yang tinggal di dalam rumah saja, untuk selalu survive tanpa ada ART atau nanny. Apa ada yang sekarang ini sedang kamu alami ?

Susahnya, ada banyak yang berasumsi jika ibu itu ‘pekerjaan’ yang dapat diputuskan, purna waktu atau separuh waktu. Sering beberapa ibu karyawan kantoran dipandang seperti ibu separuh waktu sedang ibu rumah-tangga tulen ialah ibu penuh waktu. Kenyataannya, semenjak anak lahir sampai kapan saja, peranan ibu tidak bisa terlepas dari mengasuh anaknya, terlepas dari sang ibu kerja kantoran atau seutuhnya mempersembahkan diri di dalam rumah.

Dan kalimat jenis “Karena itu, tidak perlu ribet kerja semua. Jadi ibu rumah-tangga saja!’ adalah kata sekurangnya bermanfaat era ini. Ya jika dapat seluruh demikian, nikmat dong ya! But no, tidak seluruh dapat memperoleh peluang demikian. Bahkan juga bisa saja, bekerja adalah langkah supaya masih waras. Tidak seluruh orang ‘kan kerasan tidak punyai aktivitas kecuali di dalam rumah?

Tidak perlu memaksakan, jalani seluruh sendirian. Ibu manusia juga. Jika sampai capek dan sakit, siapakah yang akan menjaga keluargamu? Ibu harus juga sehat dan kuat…dan waras. Fungsinya? Agar rumah tangga masih dapat berjalan seperti umumnya.