Era New Normal New normal atau tatanan kehidupan baru lagi diulas oleh pemerintahan, terhitung sektor pariwisata. Presiden RI Joko Widodo gagasannya kembali membuka bidang pariwisata secara setahap. Persyaratan intinya wilayah itu telah alami pengurangan kurva Covid-19.

“Saya meminta dideteksi beberapa daerah rekreasi, wilayah arah tujuan rekreasi yang mempunyai RO di bawah satu, RT di bawah 1 hingga benar-benar secara setahap kita dapat buka bidang pariwisata,” tutur Jokowi waktu pimpin meeting terbatas melalui video konferensi, berkaitan zaman new normal, Kamis (28/5).

Kecuali kurva masalah virus corona di wilayah tempat tujuan rekreasi turun, persyaratan yang lain ialah membuat SOP atau standard operasional mekanisme yang akan diaplikasikan waktu tujuan rekreasi kembali lagi dibuka.

“Lalu sesudah replikasi sosial itu, kita masuki periode namanya eksperimen,” tutur Menteri Pariwisata Wishnutama dalam video konferensi meeting terbatas bersama Presiden Jokowi, Kamis (28/5).

Walau demikian, bidang pariwisata bisa kembali lagi disetop bila setiap saat masalah positif virus corona kembali lagi bertambah.

“Pak Presiden pernah sampaikan, jika misalkan positif Covid-19 naik kembali, ya dihentikan kembali,” lanjut Wishnutama.

Akan Ada Ancaman
Disamping itu, bila ada aktor usaha pariwisata yang tidak mengikut prosedur kesehatan pemerintahan akan dikenai ancaman. Karenanya, hotel, restaurant, lapangan terbang, dan aktor usaha pariwisata yang lain disuruh untuk disiplin mengaplikasikan prosedur kesehatan yang berjalan di periode new normal nanti.

“Jika perlu misalkan, izinnya ditarik jika menyalahi sebab tidak patuhi prosedur kesehatan yang kita tentukan,” tutur Wishnutama.Keadaan di sejumlah negara dipandang telah aman. Untuk kembali membuka beberapa tempat rekreasi. Seperti dikutip dari situs Travel Leisure dan The New York Times, beberapa museum akan membuka kembali lagi.
Misalnya di Jerman, museum Gemäldegalerie dan Altes Museum. Ke-2 museum itu akan dibuka kembali ke minggu ini. Saat itu, Katedral Santa Maria Del Fiore (Duomo) di Florence, Italia, telah dibuka kembali ke 25 Mei 2020.
Villa Borghese dan Museum Capitoline di Roma, Italia akan membuka dan terima pengunjung kembali pada Rabu (27/5/2020) esok. Sedang di Naples, Museo e Real Bosco di Capodimonte bahkan juga telah dibuka pada ini hari, Selasa (26/5/2020).
Walau demikian, tiap museum masih jalankan ketentuan keselamatan dan kesehatan untuk beberapa pengunjung saat sebelum kembali membuka museum itu.