Geopark Ternate Wilayah sisa saluran lava gunung api Gamalama Ternate, sekarang diusulkan jadi wilayah geopark nasional. Lokasinya ada di Kecamatan Ternate Selatan serta Utara.

Ketua Club Pengusulan Geopark, Abdul Kadir Dedy Berbudi, berkata wilayah yang diusulkan itu punyai khazanah geologi yang penuhi standard pelestarian, edukasi, serta study.

Satu diantaranya wilayah yang diusulkan, kata Dedy, punyai persamaan dengan geopark yang berada pada Kota Hawaii, negara sisi di Amerika Serikat yang terpisah dari Benua Amerika.

“Kesamaannya itu berupa Gua, hasil lelehan lava yang serupa yang berada pada Hawaii, itu satu diantaranya negara sisi di Amerika Serikat,” ujarnya, di Ternate, awalan Maret 2020.

Dedy menjelaskan, spot geopark Ternate yang punyai persamaan dengan geopark Hawaii ini ada cocok di muka Benteng Kota Janji, Kelurahan Ngade, Ternate Selatan.

“Terkecuali itu, kapasitas Batu Angus di Kecamatan Ternate Utara kami tambahkan dalam pengusulan ini,” kata Dedy. Menurut dia, pengusulan itu sekalian menolong Pemerintahan Kota Ternate dalam memaksimalkan kapasitas geologi yang ada.

“Di depan kalaupun ditampung karenanya dapat jadikan wilayah lokasi liburan,” ikat Dedy.

Dia menambah, kapasitas geopark yang dipunyai Pulau Ternate ialah ada sheeting gabung lava yang berupa susunan berlembar, gara-gara pembebanan serta desakan tektonik.

“Geopark ini adalah yang terunik serta berkembang cuma di sebagian tempat di dunia, tergolong di Pulau Ternate, Maluku Utara,” katanya.

“Lelehan lava yang ada di bawah Ternate itu memanjang hingga ke laut. Ada yang bernama pinnacle, ada di muka Benteng Kota Janji, berupa beberapa tiang dari hasil lelehan lava,” lanjut Dedy.

Menurut Dedy, wilayah Geopark Ternate menjadi spot unggulan apabila udah dikukuhkan selaku satu diantaranya wilayah geological park.

“Ini tentu punyai ciri-khas sendiri, satu diantaranya jenis yang bernama aa–lava, serta itu berkembang cuma wilayah-wilayah saja,” tuturnya.
Terancam Reklamasi
Saran Geopark Ternate yang Serupa di Hawai Terancam Reklamasi
Perbesar

Wilayah geopark yang diusulkan ini punyai khasanah geologi yang penuhi standard pelestarian, edukasi, serta study.
Sayang, kapasitas geologi yang diusulkan itu akan raib. Wilayah itu masuk di rencana pembangunan wilayah pesisir serta pantai yang bakal direklamasi oleh Pemerintahan Kota Ternate.
Pakar Geologi Maluku Utara itu menyuarakan, peralihan atur ruangan di Pulau Ternate berkelit buat penuhi tersedianya area yang terbatas ini bakal menyingkirkan kapasitas geologi serta menghancurkan lingkungan di lebih kurang.
Walau begitu, menurut Dedy, dianya sendiri telah bersua dengan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman. Dalam rencana memberikan kapasitas geologi yang berada pada tempat itu.
“Saya telah berikan ke wali kota, kalau reklamasi yang diperkirakan itu tolong dicermati kembali. Khususnya bab kapasitas geologi yang kami usulkan ini. Serta itu, pak wali kota sangatlah memberi respon pada pengusulan Ternate jadi Wilayah Geopark Nasional,” tambahnya.